BAB I
PENDAHULUAN
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pola pengabdian
masyarakat yang diharapkan menjadi bagian pemberdayaan dan pembelajaran bagi
mahasiswa untuk terjun dalam realitas sosial masyarakat yang sebenarnya. Kuliah
Kerja Nyata lahir dari saham mahasiswa pada pembangunan. Ia muncul dari
kesadaran bahwa mahasiswa sebagai calon sarjana dapat bekerja untuk pembangunan
dengan keluar dari ruang kuliah dan perpustakaan untuk bekerja di lapangan.
Perguruan Tinggi mempunyai peran dan andil yang sangat
dominan dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya. Universitas
Islam Negeri (UIN) sebagai lembaga perguruan tinggi yang harus aktif dalam
proses pembangunan menyadari dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa tenaga ahli
agama yang terdidik dan terlatih masih kurang didalam masyarakat. Oleh karena
itu UIN harus menerjunkan mahasiswa secara langsung ke tengah-tengah masyarakat
yang sedang membangun agar gerak pembangunan menjadi lebih cepat serta dapat
mencapai sasaran dan tujuan yang tepat, baik di bidang fisik-materiil maupun
dibidang mental spiritual keagaman.
Sebagai
suatu perguruan tinggi agama di Indonesia UIN terbebani melaksanakan Tri Dharma
Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian pada
masyarakat terutama dibidang keagamaan. Segala kegiatan dalam mengembangkan
ketiga dharma tersebut harus berorientasi kepada masyarakat, dan pada akhirnya
harus diabdikan untuk kepentingan masyarakat. Mahasiswa UIN diharapkan mampu
berperan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dalam masyarakat bangsa
Indonesia yang sedang membangun. Mereka seharusnya merupakan sumber motivasi yang
dinamis dalam proses pembangunan menuju ke arah inovasi dan modernisasi masa
depan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang sosio-religius, yaitu masyarakat
adil, makmur dan sejahtera serta bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala,
berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Untuk
menjawab dan berpartisipasi dalam percepatan pencapaian Millenium
Development Goal’s (MDG’s), mulai periode III Tahun Akademik 2011/2012
(Angkatan ke-77) KKN UIN Integrasi-Interkoneksi diimplementasikan dengan KKN
Tematik POSDAYA berbasis masjid, wilayah, pesantren, dan sekolah/madrasah dan
lingkungan. Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah forum silaturahim,
komunikasi, advokasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara
terpadu dari oleh dan untuk masyarakat. Terkait dengan KKN Tematik Posdaya LPM
UIN Sunan Kalijaga sejak tanggal 13 Januari 2012 ditunjuk oleh Yayasan Dana Sejahtera Mandiri
(Yayasan Damandiri) Jakarta Sebagai koordinator KKN TEMATIK POSDAYA BERBASIS
MASJID untuk Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Wilayah Provinsi Jawa
Tengah.
BAB II
GAMBARAN UMUM DUSUN
Kondisi Geografis
Secara Administratif, lokasi KKN terletak di Dusun Tegalsari, Kelurahan Tegaltirto, Kecamatan Berbah,
Kabupaten Sleman, PropinsiYogyakarta. Kelurahan Tegaltirto mempunyai luas
: 55 Ha. Jumlah Penduduk total 10.767 orang, terdiri dari Laki-laki 5427
orang, Perempuan 5340 orang, dengan jumlah Kepala Keluarga 3202 KK (KK laki-laki
sejumlah 2744 KK dan KK perempuan sejumlah 458 KK). Kelurahan Tegaltirta
terdiri dari 14 dusun yakni:
1. Jagalan
2. Tlogowono
3. Blendangan
4. Berbah
5. Krikilan
6. Kadisono
7. Kuton
8. Tegalsari
9. Pendem
10. Kuncen
11. Sompilan
12. Karangwetan
13. Candirejo
14. Semoya
Dusun Tegalsari terdiri
dari 6 RT dan 2 RW dan dengan batas-batas wilayah Dusun Wilayah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Dusun Kuton
Sebelah Selatan : Desa Sitimulyo dan Desa
Sendangtirto
Sebelah Barat : Desa Sendangtirto
Sebelah Timur :
Desa Sitimulyo
Setelah mengadakan observasi yang penyusun
lakukan sebanyak empat kali yaitu pada tanggal 17
sampai 20 Juli 2012,
masyarakat mayoritas memeluk agama Islam. Adapun mata pencaharian
sebagaian besar penduduknya adalah pedagang
dan wiraswasta.
Kondisi Demografis
Secara umum sensus dusun Tegalsari dapat digambarkan secara ringkas sebagai berikut:
Tabel 1. Bagan Organisasi Dusun Tegalsari
Tabel 2. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin
No.
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
1.
|
Laki-laki
|
345
|
2.
|
Perempuan
|
371
|
|
Jumlah
|
716
|
Tabel 3. Jumlah Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan
No.
|
Status Pendidikan
|
Jumlah
|
1.
|
Tidak Sekolah
|
34
|
2.
|
SD
|
50
|
3
|
SLTP
|
20
|
4.
|
SLTA/SMK
|
18
|
5.
|
Tamat AK/PT
|
6
|
|
Jumlah
|
128
|
Tabel 4. Jumlah Penduduk
Menurut Jenis Pekerjaan
No.
|
Jenis Pekerjaan
|
Jumlah
|
1.
|
Pedagang
|
68
|
2.
|
Wiraswasta
|
61
|
3.
|
Petani
|
37
|
4.
|
Kesehatan
|
7
|
5.
|
PNS
|
24
|
6.
|
Peternak
|
15
|
7.
|
Lain-lain
|
43
|
|
Jumlah
|
255
|
Tabel 5. Jumlah Sarana dan Prasarana
Fisik
No.
|
Sarana
|
Jumlah
|
1.
|
Masjid
|
2
|
2.
|
Musholla
|
1
|
3
|
Posyandu
|
1
|
4.
|
TPA
|
1
|
5.
|
Sekolah Dasar (SD)
|
-
|
6.
|
Sekolah Menengah
Pertama (SMP)
|
-
|
7.
|
Sekolah Mengeah Atas
(SMA)
|
-
|
8.
|
Lapangan Footsal
|
1
|
|
Jumlah
|
6
|
Tabel 6. Jumlah Penduduk
Berdasarkan Agama
No
|
Agama
|
Jumlah
|
1
|
Islam
|
698
|
2
|
Katolik
|
18
|
3
|
Kristen
|
-
|
4
|
Budha
|
-
|
5
|
Hindu
|
-
|
|
Jumlah
|
716
|
Tabel 7. Perangkat Dusun
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Andi Herisanto, S, Pt.
|
Kepala
Dusun
|
2
|
Musbahat
|
Ketua
RW.17
|
3
|
Edi Sumbodo
|
Ketua
RW.18
|
4
|
Supiran
|
Ketua
RT.01
|
5
|
Dwi Suryanto
|
Ketua
RT.02
|
6
|
Supriyojati
|
Ketua
RT.03
|
7
|
Agus Susanto
|
Ketua
RT.04
|
8
|
Sukiran
|
Ketua
RT.05
|
9
|
Supratmin
|
Ketua
RT.06
|
A. PERMASALAHAN
Hasil
observasi yang telah dilakukan pada minggu pertama di lokasi Desa Tegalsari RT.04/RW.18
Kelurahan Tegaltirto Kota Yogyakarta, telah didapati beberapa permasalahan yang
perlu mendapatkan perhatian,
diantaranya: bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, olahraga, dan organisasi.
a. Bidang Keagamaan
Warga Dusun Tegalsari dalam bidang
keagamaan memiliki beberapa kegiatan seperti pengajian ba’dha Isya’, TPA, dan
lain sebagainya. Kegiatan TPA di masjid intensitasnya menurun setelah tidak adanya pengajar untuk mengajar TPA setiap
harinya. Kebanyakan para pengajar sudah pada bekerja dan kuliah, sehingga waktu
untuk mengajar bentrok dan akhirnya meninggalkan untuk mengajar TPA.
b. Bidang Pendidikan
Pada
Dusun Tegalsari belum memiliki sarana sekolah jenjang SD. Anak-anak yang sedang
mengemban Sekolah Dasar harus bersekolah yang jaraknya cukup jauh tepatnya
berada di sekitar kecamatan Berbah.
c. Bidang Kesehatan
Kesehatan
masyarakat di Dusun Tegalsari belum mempunyai sarana dan fasilitas yang memadai.
Hanya terdapat satu bidan, dan program Posyandu sudah tidak berjalan lagi yang
sebelumnya rutin dilaksanakan setiap tanggal 18.
d. Olahraga
Dusun
Tegalsari mempunyai banyak potensi olahraga diantaranya adalah Badminton dan
Futsal. Terdapat satu lapangan badminton yang sudah tidak layak pakai alias
rusak, sehingga warga enggan untuk bermain badminton di lapangan tersebut.
Warga harus pergi ke Gedung Serbaguna di Kelurahan untuk bermain badminton.
e. Organisasi
Pemuda dan pemudi di Dusun Tegalsari sendiri masih kurang terjalin kesolidan sehingga sering
terjadi program-program dusun yang tidak bisa berjalan secara baik untuk itu
perlu dilakukan penjalinan kembali kekompakan pemuda dan pemudi yang ada di
Dusun Tegalsari. Anggota dari remaja masjid relatif sedikit dan kebanyakan anggota tidak aktif di organisasi karena
bekerja diluar daerah ataupun telah menikah dan yang sedang kuliah
diluar kota.
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Dusun
Tegalsari, kami dapat mengidentifikasi beberapa masalah. Permasalahan yang
diangkat didasarkan pada dua bidang, yaitu :
1. Bidang Jurusan
-
Minimnya pengetahuan tentang pembelajaran berbasis multimedia untuk
anak-anak dan remaja.
-
Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya teknologi informasi bagi anak-anak.
2. Bidang Penunjang
-
Anak-anak yang kurang berkreatifitas dalam melakukan suatu ketrampilan.
-
Banyaknya film-film tidak bermoral dan tidak mendidik yang sering
ditonton oleh anak-anak dan remaja.
BAB III
PROGRAM KERJA
A. Bentuk-bentuk Program Kerja
1. Bidang
Jurusan
-
Pembelajaran
tajwid menggunakan multimedia untuk anak-anak dan remaja
-
Pengenalan dan
pelatihan komputer untuk anak-anak
2. Bidang
Penunjang
-
Lomba mewarnai
untuk anak-anak
-
Pemutaran film
edukasi untuk anak-anak dan remaja
B. Tujuan Program Kerja
1. Bidang
Jurusan
-
Melatih
anak-anak dan remaja cara belajar yang efektif dan efisien dengan adanya
pembelajaran multimedia.
-
Mengenalkan
anak-anak tentang pentingnya komputer dan supaya anak-anak dapat menggunakan
komputer.
2. Bidang
Penunjang
-
Melatih otak
kanan anak dalam mengembangkan ketrampilan mewarnai yang berkreatifitas.
-
Mengajarkan
anak-anak dan remaja tentang suatu pendidikan yang bisa dipelajari dari sebuah
film.
C. Target Yang Akan Dicapai
1. Target
Kualitatif
·
Bidang Jurusan
- Meningkatkan
pemahaman anak-anak dan remaja tentang hukum tajwid yang benar sehingga
membantu mereka dalam belajar Al-Qur’an.
- Meningkatkan
pemahaman anak-anak mengenai penggunaan komputer.
·
Bidang Penunjang
-
Meningkatnya
kreatifitas dan pemahan dalam ketrampilan mewarnai yang baik dan rapi.
-
Dapat mengambil
pelajaran yang membangun dari suatu cerita film yang ditayangkan.
2. Target
Kuantitatif
·
Bidang Jurusan
-
Terlaksananya pembelajaran bahasa arab
berbasis multimedia minimal 1 kali dalam seminggu selama bulan Ramadhan.
-
Terlaksananya
pelatihan komputer yang diikuti minimal 10 anak setiap seminggu sekali pada
bulan Agustus.
·
Bidang Penunjang
-
Terlaksananya
kegiatan lomba mewarnai 1 kali pada
akhir bulan Juli.
-
Terlaksananya
kegiatan menonton bersama film bersama 1 kali pada bulan Agustus.
BAB IV
MEKANISME PELAKSANAAN
A. Organisasi Pelaksana
Demi
menciptakan keselarasan serta kelancaran dalam menjalankan program kerja, maka
diperlukan koordinasi kepada pihak-pihak yang mendukung jalannya program kerja
ataupun pola koordinasi pelaksanaan KKN sebagai berikut:
Pelindung :
Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Panitia KKN Angkatan ke-77
Penasehat :
Muryanti, M.A. selaku DPL
Bapak Andi
Herisanto, S, Pt. selaku Dukuh Tegalsari
Bapak Supiran selaku Ketua RT.01
Bapak
Dwi Suryanto selaku Ketua RT.02
Bapak
Supriyo Jati selaku Ketua RT.03
Bapak
Agus Susanto selaku Ketua RT.04
Bapak
Sakiran selaku Ketua RT.05
Bapak
Supratmin selaku Ketua RT.06
Bapak
Musbahat selaku Ketua RW.17
Bapak
Edi Sumbodo selaku Ketua RW.18
Mas
Afrian Pratama selaku Ketua Pemuda
Ibu
Sariyati selaku Ketua PAUD
Pelaksana :
Ayu Dwi Noviyati
Anggota :
1. Muhammad
Hasbi
2. Ixnu
Subextyo
3. M.
Albab Alghozali
4. Husnul
Khotimah Obaja Zas
5. Siskha
Noviarti
6. Fatah Achmad
A
7. Rifqi Akbar
Cahyawan
8. Muhammad
Miftahudin
9. Siti
Masyithoh
B. Pihak Yang Diajak Ikut Serta
1. Kepala
Desa Tegalsari Bapak Susilo Nugroho, SIP
2. Kepala
Dusun Tegalsari dan seluruh perangkatnya
3. Tokoh-tokoh
masyarakat Dusun Tegalsari
4. Seluruh
warga masyarakat Dusun Tegalsari
5. Pemuda
dan pemudi Dusun Tegalsari
6. Anggota
KKN Angkatan ke-77 di Dusun Tegalsari
7. Pihak-pihak
yang diminta bantuan
C. Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan pelaksanaan
rencana program kerja individu KKN Tematik Posdaya Angkatan ke-77 Dusun
Tegalsari Kelurahan Tegaltirto Berbah Sleman seperti pada tabel 8.
Tabel
8. Jadwal Kegiatan Pelaksanaan RPK Individu
No
|
Program kerja
|
Waktu pelaksanaan
|
Keterangan tanggal
|
|||||||
Juli
|
Agustus
|
|||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||
1.
|
Pembelajaran tajwid menggunakan multimedia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kondisional
hari
jum’at
jam 16:00
– selesai
|
2.
|
Pengenalan
dan pelatihan komputer untuk anak-anak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kondisional hari sabtu jam 13:00 - selesai
|
3.
|
Lomba mewarnai untuk anak-anak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kondisional tanggal
29 hari
minggu
jam 16:00
– selesai
|
4.
|
Pemutaran film edukasi untuk anak-anak dan remaja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kondisional tanggal 15
hari Rabu jam 13:00
- selesai
|
D. Anggaran Biaya
1. Sumber
Dana
Beberapa
sumber dana diperoleh dari :
a. Swadaya
masyarakat
b. Pelaksana
dan pembantu pelaksana
c. Donatur
dan bantuan lain yang halal
d. Peserta
KKN
2. Anggaran
Biaya Pelaksanaan Program Kerja
· Pembelajaran tajwid menggunakan multimedia untuk
anak-anak dan remaja
|
|
|
|
a. Sewa Proyektor
|
Rp.
|
50.000,00
|
|
· Pengenalan dan pelatihan komputer untuk
anak-anak
|
|
|
|
a. Modul pelatihan komputer
|
Rp.
|
50.000,00
|
|
· Lomba mewarnai untuk anak-anak
|
|
|
|
a. Pola gambar
|
Rp.
|
60.000,00
|
|
b. Dorprize
|
Rp.
|
45.000,00
|
|
· Pemutaran film edukasi untuk anak-anak dan remaja
|
|
|
|
a. Sewa Proyektor
|
Rp.
|
50.000,00
|
|
b. Souvenir
|
Rp.
|
150.000,00
|
|
Jumlah
|
|
Rp.
|
305.000,00
|
BAB V
PENUTUP
Alhamdulillah puji syukur penyusun
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah membantu kelancaran dalam menyusun
rencana program kerja. Rencana Program Kerja
Individu ini disusun berdasarkan observasi, wawancara, dan data-data yang ada
dan diharapkan dapat mempermudah pelaksanaan program dan sebagai acuan awal
bagi kegiatan dan program. Tentu saja rencana program ini jauh dari
kesempurnaan karena waktu yang tersedia dan sumber data yang kurang memadai
sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan pada saat pelaksanaan
atau pengembangan program.
Rencana program
ini adalah tangggung jawab penyusun, namun hal tersebut tidak akan dapat
berjalan dengan optimal tanpa bantuan dan partisipasi dari pihak-pihak terkait.
Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan peran-serta dan kerjasama yang
mendukung dari semua pihak agar rencana program kerja ini terealisasikan dengan
baik dan bermanfaat.
good, aku ijin copast nggih
BalasHapusinggih
Hapusmantab simpel dan jelas,, thank gambarannya,,
BalasHapusthanks jg
Hapusmatur suwun ....sangat bermanfaat,, dan simple. izin copas... izin share jg yhoo...
BalasHapus.Makasih Mbk,,, bermanfaat skali buat sy..
BalasHapuscopay ya mantep banget nih simpel
BalasHapusManteb
BalasHapusMantep nih..
BalasHapusIzin copas yaa neng.
Kak mau tnya... Sya mau kkn... Sdh ada pmikiran ttg proker..cman sya msih bngung dalam mengajak atau mengumplkan peserta berkmpl utk trlaksananya proker sya..mhon saran dan solusinya gmna biar sya mudah mmbrtakan kpd warga agar mngikuti dan mau mensukseskan acara saya...?
BalasHapus