Sugeng Rawuh ^_^

" Mugi saking serat kedik menika saged maringi faedah kagem sederek sedaya"

Minggu, 16 September 2012

Contoh Rencana Program Kerja untuk KKN


BAB I
PENDAHULUAN

            Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pola pengabdian masyarakat yang diharapkan menjadi bagian pemberdayaan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun dalam realitas sosial masyarakat yang sebenarnya. Kuliah Kerja Nyata lahir dari saham mahasiswa pada pembangunan. Ia muncul dari kesadaran bahwa mahasiswa sebagai calon sarjana dapat bekerja untuk pembangunan dengan keluar dari ruang kuliah dan perpustakaan untuk bekerja di lapangan.
            Perguruan Tinggi mempunyai peran dan andil yang sangat dominan dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya. Universitas Islam Negeri (UIN) sebagai lembaga perguruan tinggi yang harus aktif dalam proses pembangunan menyadari dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa tenaga ahli agama yang terdidik dan terlatih masih kurang didalam masyarakat. Oleh karena itu UIN harus menerjunkan mahasiswa secara langsung ke tengah-tengah masyarakat yang sedang membangun agar gerak pembangunan menjadi lebih cepat serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang tepat, baik di bidang fisik-materiil maupun dibidang mental spiritual keagaman.
            Sebagai suatu perguruan tinggi agama di Indonesia UIN terbebani melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian pada masyarakat terutama dibidang keagamaan. Segala kegiatan dalam mengembangkan ketiga dharma tersebut harus berorientasi kepada masyarakat, dan pada akhirnya harus diabdikan untuk kepentingan masyarakat. Mahasiswa UIN diharapkan mampu berperan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dalam masyarakat bangsa Indonesia yang sedang membangun. Mereka seharusnya merupakan sumber motivasi yang dinamis dalam proses pembangunan menuju ke arah inovasi dan modernisasi masa depan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang sosio-religius, yaitu masyarakat adil, makmur dan sejahtera serta bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
            Untuk menjawab dan berpartisipasi dalam percepatan pencapaian Millenium Development Goal’s (MDG’s), mulai periode III Tahun Akademik 2011/2012 (Angkatan ke-77) KKN UIN Integrasi-Interkoneksi diimplementasikan dengan KKN Tematik POSDAYA berbasis masjid, wilayah, pesantren, dan sekolah/madrasah dan lingkungan. Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah forum silaturahim, komunikasi, advokasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu dari oleh dan untuk masyarakat. Terkait dengan KKN Tematik Posdaya LPM UIN Sunan Kalijaga sejak tanggal 13 Januari 2012  ditunjuk oleh Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Yayasan Damandiri) Jakarta Sebagai koordinator KKN TEMATIK POSDAYA BERBASIS MASJID untuk Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Wilayah Provinsi Jawa Tengah.




BAB II
GAMBARAN UMUM DUSUN
Kondisi Geografis
Secara Administratif, lokasi KKN terletak di Dusun Tegalsari, Kelurahan Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, PropinsiYogyakarta. Kelurahan Tegaltirto mempunyai luas : 55 Ha. Jumlah Penduduk total 10.767 orang, terdiri dari  Laki-laki 5427 orang, Perempuan 5340 orang, dengan jumlah Kepala Keluarga  3202 KK (KK laki-laki sejumlah 2744 KK dan KK perempuan sejumlah 458 KK). Kelurahan Tegaltirta terdiri dari 14 dusun yakni:
1.      Jagalan
2.      Tlogowono
3.      Blendangan
4.      Berbah
5.      Krikilan
6.      Kadisono
7.      Kuton
8.      Tegalsari
9.      Pendem
10.  Kuncen
11.  Sompilan
12.  Karangwetan
13.  Candirejo
14.  Semoya
Dusun Tegalsari terdiri dari 6 RT dan 2 RW dan dengan batas-batas wilayah Dusun Wilayah sebagai berikut:
Sebelah Utara              : Dusun Kuton
Sebelah Selatan           : Desa Sitimulyo dan Desa Sendangtirto
Sebelah Barat              : Desa Sendangtirto
 Sebelah Timur            : Desa Sitimulyo
Setelah mengadakan observasi yang penyusun lakukan sebanyak empat kali yaitu pada tanggal 17 sampai 20 Juli 2012, masyarakat mayoritas memeluk agama Islam. Adapun mata pencaharian sebagaian besar penduduknya adalah pedagang dan  wiraswasta.
Kondisi Demografis
Secara umum sensus dusun Tegalsari dapat digambarkan  secara ringkas sebagai berikut:
Tabel 1. Bagan Organisasi Dusun Tegalsari






Tabel 2. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin
No.
Jenis Kelamin
Jumlah
1.
Laki-laki
345
2.
Perempuan
371

Jumlah
716

Tabel 3. Jumlah Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan
No.
Status Pendidikan
Jumlah
1.
Tidak Sekolah
34
2.
SD
50
3
SLTP
20
4.
SLTA/SMK
18
5.
Tamat AK/PT
6

Jumlah
128

Tabel 4. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Pekerjaan
No.
Jenis Pekerjaan
Jumlah
1.
Pedagang
68
2.
Wiraswasta
61
3.
Petani
37
4.
Kesehatan
7
5.
PNS
24
6.
Peternak
15
7.
Lain-lain
43

Jumlah
255






Tabel 5. Jumlah Sarana dan Prasarana Fisik
No.
Sarana
Jumlah
1.
Masjid
2
2.
Musholla
1
3
Posyandu
1
4.
TPA
1
5.
Sekolah Dasar (SD)
-
6.
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
-
7.
Sekolah Mengeah Atas (SMA)
-
8.
Lapangan Footsal
1

Jumlah
6

Tabel 6. Jumlah Penduduk Berdasarkan Agama
No
Agama
Jumlah
1
Islam
698
2
Katolik
18
3
Kristen
-
4
Budha
-
5
Hindu
-

Jumlah
716



            Tabel 7. Perangkat Dusun
No.
Nama
Jabatan
1
Andi Herisanto, S, Pt.
Kepala Dusun
2
Musbahat
Ketua RW.17
3
Edi Sumbodo
Ketua RW.18
4
Supiran
Ketua RT.01
5
Dwi Suryanto
Ketua RT.02
6
Supriyojati
Ketua RT.03
7
Agus Susanto
Ketua RT.04
8
Sukiran
Ketua RT.05
9
Supratmin
Ketua RT.06

A.    PERMASALAHAN
                 Hasil observasi yang telah dilakukan pada minggu pertama di lokasi Desa Tegalsari RT.04/RW.18 Kelurahan Tegaltirto Kota Yogyakarta, telah didapati beberapa permasalahan yang perlu mendapatkan  perhatian, diantaranya: bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, olahraga, dan organisasi.
a.      Bidang Keagamaan
Warga Dusun Tegalsari dalam bidang keagamaan memiliki beberapa kegiatan seperti pengajian ba’dha Isya’, TPA, dan lain sebagainya. Kegiatan TPA di masjid intensitasnya menurun setelah tidak adanya pengajar untuk mengajar TPA setiap harinya. Kebanyakan para pengajar sudah pada bekerja dan kuliah, sehingga waktu untuk mengajar bentrok dan akhirnya meninggalkan untuk mengajar TPA.
b.       Bidang Pendidikan
Pada Dusun Tegalsari belum memiliki sarana sekolah jenjang SD. Anak-anak yang sedang mengemban Sekolah Dasar harus bersekolah yang jaraknya cukup jauh tepatnya berada di sekitar kecamatan Berbah.
c.       Bidang Kesehatan
Kesehatan masyarakat di Dusun Tegalsari belum mempunyai sarana dan fasilitas yang memadai. Hanya terdapat satu bidan, dan program Posyandu sudah tidak berjalan lagi yang sebelumnya rutin dilaksanakan setiap tanggal 18.
d.      Olahraga
Dusun Tegalsari mempunyai banyak potensi olahraga diantaranya adalah Badminton dan Futsal. Terdapat satu lapangan badminton yang sudah tidak layak pakai alias rusak, sehingga warga enggan untuk bermain badminton di lapangan tersebut. Warga harus pergi ke Gedung Serbaguna di Kelurahan untuk bermain badminton.
e.       Organisasi
Pemuda dan pemudi di Dusun Tegalsari sendiri masih kurang terjalin kesolidan sehingga sering terjadi program-program dusun yang tidak bisa berjalan secara baik untuk itu perlu dilakukan penjalinan kembali kekompakan pemuda dan pemudi yang ada di Dusun Tegalsari. Anggota dari remaja masjid relatif sedikit dan kebanyakan anggota tidak aktif di organisasi karena bekerja diluar daerah ataupun telah menikah dan yang sedang kuliah diluar kota.
B.     IDENTIFIKASI MASALAH
                 Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Dusun Tegalsari, kami dapat mengidentifikasi beberapa masalah. Permasalahan yang diangkat didasarkan pada dua bidang, yaitu :
1.      Bidang Jurusan
-        Minimnya pengetahuan tentang pembelajaran berbasis multimedia untuk anak-anak dan remaja.
-        Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya teknologi informasi bagi anak-anak.
2.      Bidang Penunjang
-        Anak-anak yang kurang berkreatifitas dalam melakukan suatu ketrampilan.
-        Banyaknya film-film tidak bermoral dan tidak mendidik yang sering ditonton oleh anak-anak dan remaja.









BAB III
PROGRAM KERJA

A.    Bentuk-bentuk Program Kerja
1.      Bidang Jurusan
-        Pembelajaran tajwid menggunakan multimedia untuk anak-anak dan remaja
-        Pengenalan dan pelatihan komputer untuk anak-anak
2.      Bidang Penunjang
-        Lomba mewarnai untuk anak-anak
-        Pemutaran film edukasi untuk anak-anak dan remaja
B.     Tujuan Program Kerja
1.      Bidang Jurusan
-        Melatih anak-anak dan remaja cara belajar yang efektif dan efisien dengan adanya pembelajaran multimedia.
-        Mengenalkan anak-anak tentang pentingnya komputer dan supaya anak-anak dapat menggunakan komputer.
2.      Bidang Penunjang
-        Melatih otak kanan anak dalam mengembangkan ketrampilan mewarnai yang berkreatifitas.
-        Mengajarkan anak-anak dan remaja tentang suatu pendidikan yang bisa dipelajari dari sebuah film.
C.    Target Yang Akan Dicapai
1.      Target Kualitatif
·         Bidang Jurusan
-   Meningkatkan pemahaman anak-anak dan remaja tentang hukum tajwid yang benar sehingga membantu mereka dalam belajar Al-Qur’an.
-   Meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai penggunaan komputer.
·         Bidang Penunjang
-        Meningkatnya kreatifitas dan pemahan dalam ketrampilan mewarnai yang baik dan rapi.
-        Dapat mengambil pelajaran yang membangun dari suatu cerita film yang  ditayangkan.
2.      Target Kuantitatif
·         Bidang Jurusan
-        Terlaksananya pembelajaran bahasa arab berbasis multimedia minimal 1 kali dalam seminggu selama bulan Ramadhan.
-        Terlaksananya pelatihan komputer yang diikuti minimal 10 anak setiap seminggu sekali pada bulan Agustus.
·         Bidang Penunjang
-        Terlaksananya kegiatan  lomba mewarnai 1 kali pada akhir bulan Juli.
-        Terlaksananya kegiatan menonton bersama film bersama 1 kali pada bulan Agustus.
BAB IV
MEKANISME PELAKSANAAN

A.    Organisasi Pelaksana
                 Demi menciptakan keselarasan serta kelancaran dalam menjalankan program kerja, maka diperlukan koordinasi kepada pihak-pihak yang mendukung jalannya program kerja ataupun pola koordinasi pelaksanaan KKN sebagai berikut:
Pelindung          : Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
                            Panitia KKN Angkatan ke-77
Penasehat          :  Muryanti, M.A.  selaku DPL
                             Bapak Andi Herisanto, S, Pt. selaku Dukuh Tegalsari
                               Bapak Supiran selaku Ketua RT.01
                               Bapak Dwi Suryanto selaku Ketua RT.02
                               Bapak Supriyo Jati selaku Ketua RT.03
                               Bapak Agus Susanto selaku Ketua RT.04
                               Bapak Sakiran selaku Ketua RT.05
                               Bapak Supratmin selaku Ketua RT.06
                               Bapak Musbahat selaku Ketua RW.17
                               Bapak Edi Sumbodo selaku Ketua RW.18
                               Mas Afrian Pratama selaku Ketua Pemuda
                               Ibu Sariyati selaku Ketua PAUD
Pelaksana          : Ayu Dwi Noviyati
Anggota            :
1.      Muhammad Hasbi
2.      Ixnu Subextyo
3.      M. Albab Alghozali
4.      Husnul Khotimah Obaja Zas
5.      Siskha Noviarti
6.      Fatah Achmad A
7.      Rifqi Akbar Cahyawan
8.      Muhammad Miftahudin
9.      Siti Masyithoh
B.     Pihak Yang Diajak Ikut Serta
1.      Kepala Desa Tegalsari Bapak Susilo Nugroho, SIP
2.      Kepala Dusun Tegalsari dan seluruh perangkatnya
3.      Tokoh-tokoh masyarakat Dusun Tegalsari
4.      Seluruh warga masyarakat Dusun Tegalsari
5.      Pemuda dan pemudi Dusun Tegalsari
6.      Anggota KKN Angkatan ke-77 di Dusun Tegalsari
7.      Pihak-pihak yang diminta bantuan
C.     Jadwal Kegiatan
                 Jadwal kegiatan pelaksanaan rencana program kerja individu KKN Tematik Posdaya Angkatan ke-77 Dusun Tegalsari Kelurahan Tegaltirto Berbah Sleman seperti pada tabel 8.
Tabel 8. Jadwal Kegiatan Pelaksanaan RPK Individu
No
Program kerja
Waktu pelaksanaan

Keterangan tanggal
Juli
Agustus
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1.
Pembelajaran tajwid menggunakan multimedia








Kondisional
hari jum’at jam 16:00 – selesai
2.
Pengenalan dan pelatihan komputer untuk anak-anak








Kondisional hari sabtu jam 13:00 - selesai
3.
Lomba mewarnai untuk anak-anak








Kondisional tanggal 29 hari minggu jam 16:00 – selesai
4.
Pemutaran film edukasi untuk anak-anak dan remaja








Kondisional tanggal 15 hari Rabu jam 13:00 - selesai
D.    Anggaran Biaya
1.      Sumber Dana
Beberapa sumber dana diperoleh dari :
a.       Swadaya masyarakat
b.      Pelaksana dan pembantu pelaksana
c.       Donatur dan bantuan lain yang halal
d.      Peserta KKN
2.    Anggaran Biaya Pelaksanaan Program Kerja
·      Pembelajaran tajwid menggunakan multimedia untuk anak-anak dan remaja


a.       Sewa Proyektor
Rp.
50.000,00 
·      Pengenalan dan pelatihan komputer untuk anak-anak

 

a.       Modul pelatihan komputer
Rp.
50.000,00
·      Lomba mewarnai untuk anak-anak


a.       Pola gambar
Rp.
60.000,00
b.      Dorprize
Rp.
45.000,00 
·      Pemutaran film edukasi untuk anak-anak dan remaja


a.       Sewa Proyektor
Rp.
50.000,00
b.      Souvenir
Rp.
150.000,00
Jumlah

Rp.
 305.000,00



BAB V
PENUTUP

            Alhamdulillah puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah membantu kelancaran dalam menyusun rencana program kerja. Rencana Program Kerja Individu ini disusun berdasarkan observasi, wawancara, dan data-data yang ada dan diharapkan dapat mempermudah pelaksanaan program dan sebagai acuan awal bagi kegiatan dan program. Tentu saja rencana program ini jauh dari kesempurnaan karena waktu yang tersedia dan sumber data yang kurang memadai sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan pada saat pelaksanaan atau pengembangan program.
            Rencana program ini adalah tangggung jawab penyusun, namun hal tersebut tidak akan dapat berjalan dengan optimal tanpa bantuan dan partisipasi dari pihak-pihak terkait. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan peran-serta dan kerjasama yang mendukung dari semua pihak agar rencana program kerja ini terealisasikan dengan baik dan bermanfaat.






10 komentar:

  1. good, aku ijin copast nggih

    BalasHapus
  2. mantab simpel dan jelas,, thank gambarannya,,

    BalasHapus
  3. matur suwun ....sangat bermanfaat,, dan simple. izin copas... izin share jg yhoo...

    BalasHapus
  4. .Makasih Mbk,,, bermanfaat skali buat sy..

    BalasHapus
  5. copay ya mantep banget nih simpel

    BalasHapus
  6. Kak mau tnya... Sya mau kkn... Sdh ada pmikiran ttg proker..cman sya msih bngung dalam mengajak atau mengumplkan peserta berkmpl utk trlaksananya proker sya..mhon saran dan solusinya gmna biar sya mudah mmbrtakan kpd warga agar mngikuti dan mau mensukseskan acara saya...?

    BalasHapus